Hai fyee, selamat datang di blog aku. Kali ini aku akan berbagi sedikit ilmu tentang Mobile Computing yang aku dapat dari berbagai referensi. Oke, langsung saja ya fyee. Selamat membaca.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
A.
Pengertian Mobile Computing
Mobile Computing adalah kemampuan
teknologi untuk menghadapi perpindahan atau pergerakan manusia dalam penggunaan
komputer secara praktis. Beberapa pengertian tentang mobile computing
diantaranya :
- Mobile
computing merupakan
paradigma baru dari teknologi yang mampu melakukan komunikasi walaupun
user melakukan perpindahan.
- Merupakan
kemajuan teknologi komputer, sering disebut sebagai mobile computer (portable
computer) yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel).
- Merupakan
sekumpulan peralatan (hardware), data, dan perangkat lunak aplikasi
yang bermobilisasi/berpindah lokasi.
- Merupakan kelas
tertentu dari system terdistribusi dimana beberapa node dapat melepaskan
diri dari operasi terdistirbusi, bergerak bebas, dan melakukan koneksi
kembali pada jaringan yang berbeda.
- Tidak sama
dengan wireless computing.
Dari
beberapa definisi berbagai sumber tersebut nih fyee, dapat disimpulkan
bahwa mobile computing atau mobile computer ataupun portable
computer adalah teknologi tanpa kabel, biasanya berukuran kecil,
portable, dapat dibawa kemana-mana, dan mendukung komunikasi. Bukan hanya
itu saja fyee, Dari definisi diatas juga kita dapat memahami mengapa kita
membutuhkan mobile computing. Kata kuncinya adalah kita manusia
dinamis yang senantiasa bergerak dan berkembang dari satu keadaan ke keadaan
yang lain. Sehingga membutuhkan suatu device yang mampu mengikuti pergerakan
kita. Bergerak disini dilihat dari dua sisi yaitu orang dan device.
Pergerakan dari User :
- Perpindahan posisi geografis
- Perpindahan jaringan komunikasi
- Perpindahan peralatan komunikasi
- Perpindahan antara aplikasi
Pergerakan dari Device :
- Perpindahan posisi geografis
- Perpindahan jaringan komunikasi
B.
Sejarah dan Perkembangan
Perkembangan mobile
computer nih fyee hingga saat ini sangat luar biasa lho. Hal ini
tentunya tidak lepas dari perkembangan - perkembangan mobile computer dari
waktu ke waktu. Berikut dibahas sedikit mengenai sejarah perkembangan mobile
computer, sebagai berikut :
1. Dynabook (1968)
Alankay mengembangkan sebuah komputer portabel yang nantinya
menawarkan sebuah media elektronik yang modern yang diperuntukan untuk anak
anak. Graphical contro linter face dengan icon pada Komputer ini merupakan
cikal bakal dari systemo perasi yang ada saat ini.
2. Grid Compass 1100 (1982)
Teknologi ini di rancang dan di kembangkan oleh gird sangat
terdepan . cover nya dapat dilipat dan teringrasi sebauh flatscreen serta
casing dari magnesium yang ultralight. Namun ini di terusakan dan dikembangkan
oleh bil moggridge ini terlalu mahal dengan harga mencapai dengan US$ 10.000.
hanya kalangan militer AS dan NASA saja yang dapat membelinya.
3. Oseborne1(1981)
Proyek Osborne 1 dirilis pada April 1981. Komputer ini diterbitkan
oleh Osborne Computer Corporation, perusahaan yang memang didirkan oleh Adam
Oborne. Komputer Osborne 1 sendiri memiliki berat 10,7 kg. Dan saat itu harga
komputer ini adalah Rp 16 juta. Tentu saja nilai Rp 16 juta saat itu merupakan
nilai yang cukup tinggi. Karena harganya yang mahal tentu tidak semua orang
membeli perangkat ini. Apalagi perangkat ini terlihat memiliki bentuk yang aneh
dengan layar 5 inch yang diusungnya. Meskipun terlihat aneh Osborne 1
cuku pmenarik perhatian. Terlebih perangkat ini juga sudah mendukung sambungan
listrik, adanya baterai cadangan, modemport, keyboard, dan juga penyimpanan
data floppy drive 5¼ in yang berjumlah dua.
4. Compaq Portable (1983)
Laptop pertama yang kompetibel dengan IBM ditawarkan oleh Compaq.
Berat dan tanpa batrai lantaran masih menggunakan system operasi MS DOS laptop
ini tidak popular.
5. Gavilan SC (1984)
Touchpad pertama ini ditawarkan oleh laptop Gavilan dan berada di
atas keyboard. Model komputer ini sudah dilipat dan menyediakan laya LCD serta
processor intel 80168 yang kompetibel dengan harga MS DOS.
6. Bondwell 2 (1985)
Kehadiran komputer ini sukses dengan RAM sebesar 64 Kb floppy
drive 3.5 inci dan layer LCD laptop ini menjadi yang terbaik di eranya.
7. COMPAQ SLT 286 (1988)
Laptop pertama yan sudah dilengkapi dengan baterai hardisk dan
LCD. Layarnya menawarkan resolusi VGA penuh.notebook ini ditujukan untuk
kalangan bisnis. Tidak heran harganya mencapai harga mobil pada saat itu.
8. Sharp Multicolor 386 PC
8041(1990)
Dengan spec :
§ Prosesor
: Intel 80386
§ Frekuensi
clock 20 mhz
§ Ram
2MB
§ Harddrive
40 mb
§ Harga
US$23.000
9. USB interface (1997)
Setelah penganalan port interface USB hamper semua perangkat
terhubung dengan notebook computer portable mendadak menjadi universal.
10. WLAN untuk semua (1999)
Berkat penggunaan WLAN notebook kini tidak lagi statis hotspot
menghubungkan perangkat ini ke internet dan jaringan kantor serta dapat diakses
dimana saja.
11. Apple
PowerBook 100
Apple PowerBook 100, yang
muncul tahun 1991. Laptop ini dibuat oleh Sony untuk Apple, dan memakai
trackball sebagai pengganti mouse. Laptop ini mempunyai palm-rest (sandaran
tangan) untuk kenyamanan. Kemudian palm-rest menjadi fitur standar bagi semua
laptop. PowerBook 100 memakai prosesor 16MHz, 16 bit CPU dan RAM 2MB (yang bisa
diperluas sampai 8MB). Harddisk sebesar 20MB, layarnya 640×480 pixel
passive-matrix, serta sebuah speaker mono. Beratnya sekitar 7 kg, dan harganya
$2500. Pada akhir 1992, IBM meniru rancangan PowerBook yang kompak dengan
memperkenalkan seri IBM ThinPad. Versi yang paling terkenal adalah ThinkPad
700C, yang memakai sistem operasi Windows 3.1, dan mempunyai HDD 120MB. CPU
memakai prosesor Intel 486SLC 25MHz. Layarnya TFT active-matrix 10,4″. Untuk
pointing, dipakai stik kecil berwarna merah.
12. Apple
PowerBook 500
Pada tahun 1988, George
Gerpheide menemukan touchpad berdasarkan kapasitansi. Tapi teknologi ini belum
muncul pada laptop sampai 1994. Adalah Apple PowerBook 500 yang pertama kali
memakai touchpad. Apple menyebutnya trackpad, yang segera diikuti vendor lain.
Seri PowerBook 500 terdiri dari 4 model: 520, 520c, 540 dan 540c.Spesifikasi
dasarnya memakai prosesor 25MHz, RAM 4MB (maksimal 36MB), layar 9,5″. HDD
sampai dengan 320MB, ukuran yang cukup menakjubkan untuk masa itu.
13. Toshiba
Portege T3400
Satu setengah tahun sebelum
kemunculan Windows 95, awal tahun 1994, Toshiba datang dengan laptop
pertamanya. Ada dua model dalam seri Portege T3400, yaitu layar monokrom
seharga $2599, dan layar warna active-matrix seharga $3900. Keduanya memakai
Windows 3.1 Toshiba mengiklankannya sebagai subnotebook, dengan tampilan
ramping, dan warna abu-abu yang fashionable. Battery memakai lithium ion yang
berdaya tinggi, disebut waktu itu sebagai teknologi energi mobile yang
mutakhir. T3400 sanggup dinyalakan selama 6 jam. Battery dapat diisi ulang
selama 3 jam sampai penuh dalam keadaan mesin dimatikan, atau selama 8 -10 jam
jika dalam keadaan hidup. Prosesor yang dipakai Intel 486SX, dengan RAM 4MB
(max 20MB), dan HDD 120MB. Laptop ini juga punya slot PCMCIA untuk ekstra
memory. Beratnya 1,8 kg.
14. Panasonic
Toughbook CF-25 Tahun 1996,
ketika kebanyakan pembuat
komputer mengarah ke model yang lebih ramping dan lebih cepat, Panasonic
berusaha membuat laptop yang berlapis tebal dan break-resistance. Hasilnya
adalah Toughbook CF-25, model pertama dari Panasonic Toughbook yang kokoh (yang
masih berlanjut sampai saat ini). CF-25 dirancang untuk tahan jatuh dari
ketinggian 2 kaki (sekitar 60 cm atau setinggi meja) dan kebal debu serta kebal
kelembaban. Model pertama Toughbook memakai casing aluminium alloy. Prosesornya
Intel Pentium I 166Mhz, dengan RAM maksimal 96MB, serta HDD 1GB. Laptop ini
cocok dipakai di lingkungan yang kasar, seperti medan perang.
15. Apple
iBook G3
Apple iBook G3 merupakan
salah satu ide inovatif dari Steve Jobs. Pada Macworld Expo di New York tahun
1999, Steve Jobs membuat kagum semua orang ketika membawa iBook ke panggung dan
memakainya untuk surfing Internet. Itulah laptop pertama yang memakai
wireless-card. Jobs mengklaim G3 sebagai komputer portable tercepat kedua di
dunia. Yang pertama tercepat menurut klaimnya adalah Apple PowerBook. Apple
iBook G3 juga hadir dengan warna-warni yang menyegarkan.
16. Sony
PictureBook
Apple memukau dunia dengan
style yang cantik dan wireless networking. Tapi kamera iSight yang sekarang ada
di MacBook, pertama kali muncul di laptop dengan Windows 98. Tahun 1999, Sony
meluncurkan VAIO C1 PictureBook dengan harga $2299. Laptop VAIO ini beratnya
1,4 kg. Cukup kompak dan mempunyai bult-in camera yang dapat merekam gambar
diam dan video bergerak sampai 60 detik. PictureBook juga merupakan awal dari
apa yang sekarang (satu dekade kemudian) dikenal sebagai netbook. Ketebalannya
hanya 1,45″, dan tidak memakai drive eksternal baik floppy ataupun CD-ROM.
17. PDA
Personal Digital Assistant
PDA adalah sebuah alat
elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa kemana
- mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi
karena perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, seperti
kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengak sesinternet,
penerimadan pengirim surat elektronik (e-mail), penerimaradio, perekam video,
dan pencatat memo. Selain itu, dengan PDA (komputer saku) ini ,kita dapat
menggunakan buku alamat dan menyimpan alamat,membaca buku-e, menggunakan GPS
dan masih banyak lagi fungsi yang lain. Bahkan versi PDA yang lebih canggih
dapat digunakan sebagai telepon genggam, akses internet, intranet, atau
extranet lewat Wi-Fi atau jaringan wireless. Salah satu ciri khas PDA yang
paling utama adalah fasilitas layar sentuh.
18. The
Psion Organiser II
PDA pertamakali muncul pada
tahun 1986 dengan diluncurkannya The Psion Organiser II. PDA pertama ini
berbentuk seperti komputer genggam yang dilengkapi dengan keyboard dan layar
yang kecil. Ditambah dengan fitur - fitur dasar seperti alarm, jam, kalender, kalkulator,
serta telepon. Bisa disimpulkan PDA adalah penggabungan antara telepon genggam
dengan PC.
19. Apple
Newton Messagepad Pada tahun 1993
Apple meluncurkan produk
Newton Messagepad dengan fitur catatan digital, agenda dan tanggal/kalender.
Fitur dari Newton inilah yang belakangan dijadikan aplikasi standar untuk PDA,
termasuk layar sentuh yang sangat sensitif dan slot memori eksternal. Namun,
pada tahun 1998, Apple menghentikan produksi Newton karena bentuknya yang
terlalu besar, harganya yang mahal ($699) serta penggunaannya yang rumit.
20. Palm
Pilot
Palm Computing PalmPilot
memperkenalkan Palm Computing dengan harga yang lebih murah, bentuk yang muat
di saku, dan menggunakan baterai AAA sehingga lebih efisien dan mudah
digunakan. Lebih jauh, produk ini memiliki kapasitas memori yang lebih besar
untuk menyimpan data kontak, catatan dan agenda.
21. Windows
CE
Pada bulan November tahun
1996, Microsoft meluncurkan Windows CE yang kemudian diadopsi oleh sejumlah
perusahaan komputer seperti HP, Casio, Compact, dll. Perkembangan terkini, PDA
lebih sering digunakan sebagai sarana komunikasi nirkabel. Fitur yang
ditawarkan juga saat ini lebih mengacu untuk menunjang gaya hidup konsumen
sebagai pengguna internet. dan perlu di ketahui gan kalo Windows CE ini adalah
cikal bakal dari WIMO alias Windows Mobile yang ada sekarang.
22. UMPC
Ultra Mobile Personal Computer (UMPC)atau
dikenal juga dengan nama [Micro][PC]adalah versi kecil dari komputer pena. UMPC
bermula dari sebuah proyek yang dikembangkan oleh Microsoftyang dinamakan
“proyek origami”. Microsoft merasa laptop yang ada saat ini mobilitasnya masih
sangat kurang karena itu proyek origami ini bertujuan untuk mengembangkan
sebuah komputerekstra mini yang bisa dibawa ke mana-mana, berlayar sentuh,
dapat memutar film dan lagu, bermain game, dapat digunakan untuk mengerjakan.
c. Jenis Mobile Computing
1. Laptop
merupakan komputer portabel,
kecil dan dapat dibawa kemana saja dengan sangat mudah yang terintegrasi pada
sebuah casing. Berat laptop berkisar dari 1 sampai 6 kilogram tergantung
ukurannya, bahan dan spesifikasi. Sumber listrik berasal dari baterai atau A/C
adaptor yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan untuk menyalakan
laptop itu sendiri. Laptop kegunaannya sama dengan Komputer desktop, yang
membedakannya hanya ukuran sehingga memudahkan pemakai untuk membawanya
kemana-mana.
2. Wearable
Computer
Wearable Computer atau komputer yang
dipakaikan di tubuh manusia. Contohnya adalah Computer Gletser Ridgeline W200.
W200 ini terbuat dari paduan magnesium bertulang yang memaksimalkan kekuatan
dan meminimalkan berat keseluruhan. Pada hanya 10,2 ons dan dibentuk pada kontur
lengan, W200 yang mengkombinasikan fitur yang sama dari sebuah komputer standar
dengan sebuah perangkat yang memberikan kenyamanan dan ergonomis pergelangan
tangan instrumen aus. W200 ini memiliki sebuah 3.5 “layar warna dengan layar
sentuh, keyboard backlit dan baterai hot swappable. Fungsi nirkabel dari W200
memastikan konektivitas berkelanjutan terlepas dari lokasi pengguna dengan plug
and play Wi-Fi, Bluetooth dan modul GPS. Menggunakan CE Windows atau sistem
operasi Linux, unit cepat dapat dikonfigurasi untuk mengakses sistem host
remote melalui kabel terintegrasi atau antarmuka nirkabel.
3. PDA(Personal
Digital Assistants)
merupakan sebuah alat
elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa
kemana-mana. Versi PDA yang lebih canggih dapat digunakan sebagai telepon
genggam, akses internet, intranet, atau extranet lewat Wi-Fi atau Jaringan
Wireless. Salah satu ciri khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar
sentuh
4. SmartPhone
merupakan ponsel yang
menawarkan kemampuan canggih, boleh dikata kemampuannya menyerupai kemampuan PC
(komputer). Umumnya suatu ponsel dikatakan sebagai smartphone bila dapat
berjalan pada software operating system yang lengkap dan memiliki interface dan platform standar
bagi pengembang aplikasi. Sementara itu ada yang mengatakan smartphone adalah
ponsel sederhana dengan fitur canggih seperti kemampuan mengirim dan menerima
email, menjelajah internet dan membaca e-book, built in full
keyboard atau external USB keyboard, atau memiliki konektor
VGA. Dengan kata lain, smartphone adalah miniatur komputer dengan kemampuan
ponsel .
D. Aplikasi
Mobile Computing
Nah guys setelah kita
mengetahui mengapa kita membutuhkan mobile computing, kita bisa
menyebutkan mobile applications yang sudah ada saat ini.
Diantaranya adalah :
·
Kendaraan (untuk pemantauan dan koordinasi, GPS)
·
Peralatan Emergensi (akses kedunia luar)
·
Akses web dalam keadaan bergerak
·
Location aware services
·
Information services
·
Disconnected operations (mobile agents)
·
Entertaintment (network game groups)
Contoh
Aplikasi Mobile Computing : BBM (Blackberry Massanger),
WhatsApp, Bayar listrik online, dll.
E. Konsep
Mobile Computing
1. Mobilitas
·
Handoff : kapan melakukannya, Pilih jaringan.
· Proses Migrasi: aplikasi infrastruktur pendukung yang mengikuti
mobilitas
2. Privasi dan Keamanan
·
Otentikasi
·
Otorisasi
·
Enkripsi: keamanan
F. Pendukung Mobile Computing
1.
Hardware :
o Computing
Unit (Central Processing Unit)
o Memory
o Storage
o Communication
: Wireless (WiFi/Wimax, CDMA/GSM/3G, Bluetooth, dll)
o Sensing
Device : camera dll
o Displace
Devices : LCD Display, dll
2.
Software :
o Operating
System : Microsoft Windows Mobile/CE, Symbian, RIM, Palm, Linux, Savale
o GUI
o Applications
: cell phone applications, calendar, dll
o Java
ME, popular untuk game
o Symbian,
general purpose, didukung Nokia
o Android
adalah berbasis Linux
o iPhone
, hanya pada Mac OS X
o Palm
OS, kuat di US
G. Kelebihan dan Kekurangan Mobile Computing
Mobile Computer sudah sangat
berkembang pesat ya guys, hal itu dapat dilihat dari jenis mobile
computer yang begitu beragam dan begitu canggih. Walaupun teknologi
ini sudah sangat maju, namun mobile computer tentu memiliki
kelebihan dan kekurangan fyee.
Adapun beberapa kelebihan
mobile computer antara lain :
· Ubiquity : pengguna dapat mengakses dari mana saja dan kapan saja.
· Security : pada umumnya handset dilengkapi dengan smart card reader
dan smart card-nya itu sendiri. Sehingga dapat digunakan sebagai
secret authentication key.
· Localization : memungkinkan diterapkannya location based services.
· Convenience : ukuran dan berat dari handset membuat pengguna nyaman dalam
bertransaksi.
· Personalization : handphone merupakan perangkat yang bersifat personal, sehingga
memungkinkan untuk menawarkan layanan / produk yang bersifat personal.
Selain dari manfaat-manfaat
yang dimiliki oleh mobile computing, mobile computing juga memiliki kekurangan
lho guys. Kekurangan tersebut akan dijelaskan sebagai berikut :
·
Rendahnya jaringan bandwidth
Pengguna mobile dapat terhubung ke jaringan nirkabel melalui
berbagai jaringan komunikasi termasuk radio nirkabel, wireless Local Area
Network (LAN), nirkabel selular, satelit, dll Setiap jaringan nirkabel
menyediakan kapasitas bandwidth yang berbeda. Namun, bandwidth nirkabel ini
terlalu kecil dibandingkan dengan jaringan tetap seperti ATM (Asynchronous
Transfer Mode) yang dapat memberikan kecepatan hingga 155Mbps.
·
Biaya komunikasi asimetrik
Kapasitas bandwidth yang
berbeda antara hilir komunikasi dan komunikasi upstream telah menciptakan
sebuah lingkungan baru yang disebut Lingkungan Komunikasi asimetrik. Bahkan,
ada dua situasi yang dapat mengakibatkan komunikasi asimetri, Salah satunya
adalah karena kemampuan perangkat fisik. Misalnya, server memiliki pemancar
siaran kuat, sedangkan klien mobile memiliki kemampuan transmisi kecil. Yang
lain adalah karena pola aliran informasi dalam aplikasi. Misalnya, dalam
situasi dimana jumlah server jauh lebih sedikit daripada jumlah klien, itu
adalah asimetris karena ada tidak kapasitas yang cukup untuk menangani permintaan
simultan dari beberapa klien.
·
Koneksi yang lemah
pengguna Mobile sering
terputus dari jaringan. Hal ini mungkin terjadi karena beberapa alasan,
termasuk kegagalan sinyal, jangkauan sinyal yang kurang luas, area blank spot,
dan penghematan daya. Tetapi hal ini juga bisa menguntungkan karena modus aktif
membutuhkan seribu kali power lebih besar daripada perangkat dalam kondisi
standby atau mode sleep. Sinyal radio nirkabel mungkin juga akan melemah karena
jarak yang jauh dari sumber sinyal dimana pengguna bergerak.
·
Konsumsi tenaga
Mobile computing sangat bergantung pada daya tahan baterai.
·
Gangguan Transmisi
Jarak dengan pemancar sinyal dan cuaca sangat mempengaruhi
transimis data pada mobile computing.
·
Potensi Terjadinya Kecelakaan
Beberapa kecelakaan akhir2 ini kerap disebabkan oleh pengendara
yang menggunakan peralatan mobile computing saat berkendara.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Oke fyee,
cukup sekian dulu ya dari aku. Mohon maaf bila kurang sempurna, boleh kasih
kritik, nasehat, dan masukan deh pokoknya. semoga dapat bermanfaat untuk kita
semua. Aamiin. Terimakasih ^_^
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
DAFTAR PUSTAKA :
Komentar
Posting Komentar