Langsung ke konten utama

GAME EDUKASI VS SERIOUS GAME


Hai fyee. Blog kali ini adalah sebuah artikel yang akan membahas tentang game edukasi Vs Serious Game. sebelum itu, apakah fyee sudah tahu apa itu game edukasi dan Serious Game? nah yang belum tahu, simak penjelasan berikut ini ya 😁

A.  Game Edukasi
Perkembangan teknologi yang pesat membawa dampak yang cukup besar bagi kita, segala kemudahan yang diberikan atas kecanggihan teknologi yang ada membuat segalanya mudah untuk di kerjakan, seperti mengirim kabar kepada saudara, jika dulu kita perlu mengirim surat ke kantor pos dan memerlukan waktu untuk mengirimnya, sekarang hanya dengan berkomunikasi lewat telephone hingga video call dapat kita nikmati dengan mudah dan cara yang cepat. Perkembangan teknologi yang pesat ini tentunya merambah di dunia pendidikan, salah satu contohnya adalah lahirnya Game Edukatif, yang merupakan sebuah inovasi yang dibuat dengan memadukan unsur teknologi game dan bidang pendidikan. Game Edukatif hadir untuk membantu mengatasi kemonotonan dalam pembelajaran, kesulitan belajar yang di alami anak didik menjadi alasan terciptanya game edukatif ini selain untuk mengikuti perkembangan teknologi yang pesat. 

Sebelumnya akan dijelaskan mengenai pengertian game edukasi, Menurut Buckingham dan Scalon (2002) mengemukakan dalam terjemahan bahwa sebenarnya tanpa disadari game dapat mengajarkan banyak keterampilan dan game dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendidikan. Penggunaan Game Edukasi sebagai alternatif proses pembelajaran tentulah sangat baik karena dinilai baik dan positif, sesuai dengan penelitian yang dilakukan dengan game edukasi ini anak lebih bersemangat dan termotivasi untuk belajar karena anak diajak belajar sambil bermain sehingga tidak menimbulkan rasa bosan pada diri anak (Fitri Yeni, Yarmis Hasan, Tarmansyah, 2013). 

Fungsi permainan edukasi adalah sebagai berikut: 1.) Memberikan ilmu pengetahuan kepada anak melalui proses pembelajaran bermain sambil belajar; 2.) Merangsang pengembangan daya pikir, dan daya cipta dan bahasa agar dapat menumbuhkan sikap, mental, serta akhlak yang baik; 3.) Menciptakan lingkungan bermain yang menarik, memberikan rasa aman dan menyenangkan; 4.) Meningkatkan kualitas pembelajaran anak. 

Bermain memiliki peranan yang penting dalam perkembangan anak, yaitu 1.) Kemampuan motorik, bahwa bermain memungkinkan anak bergerak secara bebas sehingga pada saat bermain anak berlatih menyesuaikan antara pikiran dan gerakan menjadi suatu keseimbangan, 2.) Kemampuan kognitif, menurut Piaget, anak belajar memahami pengetahuan dengan berinteraksi melalui obyek yang ada di sekitarnya. Bermain memberikan kesempatan kepada anak untuk berinteraksi dengan obyek, 3.) Kemampuan aktif, setiap permainan memiliki aturan. Oleh karena itu, bermain akan melatih anak menyadari adanya aturan dan pentingnya memahami aturan. Hal itu merupakan tahap awal dari perkembangan moral (afeksi), 4.) Kemampuan bahasa, pada saat bermain anak dapat menggunakan bahasa, baik untuk berkomunikasi bersama temannya maupun sekedar menyatakan pikirannya (thinking alound). (S Zubaidah - 2010).

Dalam proses pelaksanaan game edukasi sangat mudah, karena sudah didukung dengan berbagai teknologi yang banyak sekali jenisnya, termasuk aplikasi Mobile, jadi game edukatif ini tidak hanya bisa diterapkan pada Komputer, Laptop, dan tablet, sekarang ini sudah bisa diterapkan pada teknologi berbasis Mobile, jadi di manapun dan kapanpun dapat digunakan. Sebagai contoh mekanisme penggunaan game edukasi untuk pembelajaran misalnya dalam permainan mewarnai, anak anak diberikan sebuah gambar, dimana gambar tersebut hanya berupa gambar namun tidak ada warnanya, lalu ada diberi kesempatan untuk memberikan warna yang menurutnya cocok dan menarik, kemudian hasil dari pewarnaan gambar anak tersebut dapat digunakan oleh orang tua atau pendidik untuk mengetahui sampai mana kreativitas anak didik tersebut. 

Keunggulan game edukasi antara lain; 1) Game menjadi suatu alternatif dalam mengajarkan pengetahuan dan membangun keterampilan pada anak, 2.) Tingkat pemahaman siswa akan suatu materi akan semakin mudah diperoleh karena game edukatif memberikan visual yang menarik, 3.) Game edukasi merupakan game yang bertujuan bukan hanya untuk menghibur, melainkan di dalamnya terdapat pengetahuan yang disampaikan kepada penggunanya.

Sedangkan kekurangannya adalah a.) Minat yang minim saat ini minat masyarakat terhadap game edukasi masih sangat minim. Pasalnya apabila orang mendengar kata game edukasi mereka akan langsung berpikiran bahwa game tersebut membosankan dan tidak menarik. b.) Game play yang monoton Game play yang cenderung itu-itu saja menambah kesan membosankannya game edukasi. Dengan game play yang monoton tentu orang akan menjadi malas memainkan game ini, dan alhasil perkembangan game edukasi pun menjadi terhambat, c.) Masyarakat  lebih senang dengan game-game non edukasi yang saat ini masih merajai dunia game.

Jadi dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa bermain game edukasi itu lebih baik dari pada bermain game uang bersifat umum. Namun, jika kita terlalu lama bermain game,apapun jenis game itu dapat juga membuat kita "ketagihan" dalam permainan dan berakibat pada waktu yang terbuang percuma! Jadi, kita harus nge-game hanya pada waktu luang saja.. OK

B.  Serious Game
Serious Game adalah sebuah game yang dibangun untuk tujuan non-entertainment. Game pada umumnya adalah bertujuan sebagai bagian dari media hiburan. 

Penelitian-penelitian seputar serious game secara nyata baru dimulai sekitar tahun 2002. Sebenarnya sejumlah peneliti diakhir tahun 1990 sudah mulai memberikan sejumlah pendapatnya seputar kemungkinan penggunaan game untuk tujuan yang lain. Barulah pada tahun 2002, salah satu institusi yaitu Woodrow Wilson International Center melakukan launching “Serious Games Initiative” khususnya untuk pengembangan game dengan tujuan pada bidang kebijakan dan manajemen. Pada tahun-tahun berikutnya tujuannya diperluas pada bidang sosial serta kesehatan.

Ketika kita bicara serious game (di beberapa negara serious game juga dikenal sebagai applied game), artinya kita bicara sebuah game yang kemudian bisa memberikan manfaat lain lebih dari sekedar media hiburan. Dengan kata lain, serious game adalah game yang kemudian diimplementasikan untuk bisa menjadi solusi bagi permasalahan yang hadir di berbagai bidang: pendidikan, kesehatan, bisnis, sosial, lingkungan, pariwisata, dan lainnya.

Karena serious game merupakan sebuah solusi, artinya sebuah serious game yang berkualitas hanya bisa hadir ketika ada permasalahan yang tepat. Kekuatan utama dari sebuah game adalah sebagai media pembangkit motivasi serta penyampai informasi yang unik (karena interaktivitas yang dimilikinya). Oleh karena itu, untuk setiap masalah yang penyebab utamanya adalah kurangnya motivasi (kesadaran) atau informasi yang memadai, serious game yang didesain dengan baik bisa menjadi sebuah solusi efektif.

Serious game adalah suatu konsep game dengan tujuan untuk kepentingan trainning, advertising, simulasi, edukasi. Intinya adalah untuk kepentingan yang sifatnya non-entertainment. Implementasinya, serious game ini bisa diterapkan untuk berbagai tingkatan usia serta dengan berbagai genre dan teknologi game.

Sumber :
Jurnal :
Gerald Schaefer· Matthew Tallyn·Daniel Felton·William Plant·David Edmundson. (2014). Interactive browsing of image collections on mobile Devices. http://link.springer.com/article/10.1007/s11042-014-1875-8



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGURUTAN (SORTING

Hallo fyee 😋 Kali ini aku mau bahas tentang materi Pengurutan (Sorting) nih. semoga bisa membantu yah buat kalian ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------ Apa sih itu Pengurutan (Sorting) ? 😧 Pengurutan (Sorting) adalah proses untuk menyusun kumpulan data seragam dengan aturan urut menaik ataupun menurun. Terdapat banyak jenis metode pengurutan yang dapat digunakan dan memiliki kelebihan masing masing. Pengurutan sangat penting dalam Teknologi Informasi yang tak lepas dari pengolahan data. Pemecahan permasalahan pengolahan data dapat menjadi lebih efektif dan efisien bila data sudah dalam keadaan terurut. Seperti dalam proses pencarian data (searching), algoritma pencarian tingkat lanjut yang lebih efektif daripada cara konvensional seperti Binary Search ataupun Interpolation Search membutuhkan data yang sudah terurut. Contoh lain di mana data terurut dibutuhkan adalah dalam penggabungan data menggu

metode pengurutan data

1.       Selection Sort Algoritma sorting sederhana yang lain adalahSelection Sort. Ide dasarnya adalah melakukan beberapa kali pass untuk melakukan penyeleksianelemen struktur data. Untuk sorting ascending(menaik), elemen yang paling kecil di antara elemen – elemenyang belum urut, disimpan indeksnya, kemudian dilakukan pertukaran nilai elemen denganindeks yang disimpan tersebut dengan elemen yangpaling depan yang belum urut. Sebaliknya, untuksorting descending (menurun), elemen yang  paling. besar yang disimpan indeksnya kemudian ditukar. Algoritma selection sort dapat dirangkum sebagaiberikut: 1.)     Temukan nilai yang paling minimum (atau sesuaikeinginan) di dalam struktur data. Jika ascending, maka yang harus ditemukan adalah nilai yang paling minimum. Jika descending, maka temukan nilai yang paling maksimum. 2.)     Tukar nilai tersebut dengan nilai pada posisi pertama di bagian struktur data yang  belum diurutkan. 3.)     Ulangi langkah di atas untuk bagian struktur

TEXTURING DAN RENDERING

A. TEXTURING Dalam dunia visual, texturing adalah proses pemberian karakteristik permukaan pada objek. Maksud dari karakteristik adalah termasuk pewarnaan, kilauan, dan lainnya. Pada umumnya teksturing adalah pemberian warna pada permukaan objek atau pengecatan, walaupun ada proses yang mengubah geometri objek. Dalam software seperti 3DSMax dan Blender, untuk menambahkan tekstur pada objek, kita bisa menggunakan tools Map. Teknik teksturing adalah termasuk langkah terakhir dalam pendesaian 3D. Hal ini dikarenakan setelah langkah teksturing ini langkah selanjutnya hanyalah tinggal melakukan rendering jika ingin dijadi objek 2D. Untuk desain tekstur itu sendiri terdiri dari berbagai macam tipe. Secara default biasanya hanya disediakan tekstur sederhana seperti Wood, metal. Sedangkan untuk tekstur tingkat tinggi seperti tekur manusia kita bisa mendesainnya sendiri atau mendownload di website-website. Teksturing sangat penting dalam desain 3D atau animasi, karena denga