Langsung ke konten utama

GAME



Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan istilah game. Game tidak pernah mengenal umur dan status kemasyarakat, semua kalangan boleh menikmati game, tua-muda, kaya-miskin, maupun pria-wanita semua boleh menikmati game. Dan memang game ini selalu bisa menghibur semua kalangan, dan selain menghibur game ini juga mampu memberikan dampak negatif yaitu kecanduan sehingga membuat orang yang memainkannya malas untuk melakukan aktivitas lainnya.
Kini di zaman modern sudah banyak sekali medianya, ada smartphone, tab, tablet, game portable dan game machine lainnya. Sehingga menjadikan banyak bermacam-macam game yang sudah beredar luas di luar sana. Tapi, apa sih pengertian game sebenarnya? Dan apa saja jenis-jenisnya? Berikut akan dijelaskan apa sih pengertian game dan jenis-jenisnya.

SEJARAH GAME
Sejarah teknologi game komputer secara langsung berhubungan dengan perkembangan komputer itu sendiri. Komputer dengan kecepatan processor tinggi, grafis yang lebih mendekati realita, dan media penyimpanan yang lebih besar sebenarnya dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dalam bermain games.
 
Generasi Pertama
Generasi pertama konsol permainan video berlangsung dari tahun 1972, dengan rilis dari Magnavox Odyssey, hingga 1977, ketika “pong”-style produsen konsol meninggalkan pasar secara massal karena pengenalan dan keberhasilan mikroprosesor berbasis konsol.

  
Generasi Kedua
Dalam sejarah komputer dan video game, generasi kedua (biasa disebut sebagai awal era 8 bit atau kurang lebih 4 bit era) dimulai pada tahun 1976 dengan merilis Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video sistem. Di era generasi kedua ini yang menjadi primadona konsol game adalah konsol game ATARI. Beberapa contoh konsol game pada generasi kedua dapat dilihat disamping. Dari ki-ka adalah Fairchild Channel F,Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2 , Atari 5200.



Generasi Ketiga
Generasi ketiga dimulai pada tahun 1983 dengan dipasarkannya Jepang Family Computer tau lebih dikenal dengan nama FAMICOM(kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System di seluruh dunia). Walaupun konsol generasi sebelumnya juga menggunakan 8-bit processor, pada akhir generasi inilah konsol rumah yang pertama kali diberi label oleh mereka “bit”. Ini juga masuk ke mode sebagai sistem 16-bit seperti Mega Drive / Genesis dipasarkan untuk membedakan antara generasi konsol. Di Amerika Serikat, generasi ini di game ini terutama didominasi oleh NES / Famicom. Di era ini pulalah terjadi perang konsol game yang pertama antara perusahaan konsol Nintendo dengan SEGA. 

Generasi Keempat
Generasi keempat atau biasa disebut dengan era 16 bit,pada generasi ini NES mendapat sambutan hangat di seluruh dunia, dan sebuah perusahaan bernama Sega mencoba menyaingi Nintendo. Pada tahun 1988, Sega merilis konsol next-generation mereka, Sega Mega Drive (yang juga dikenal dengan Sega Genesis). Konsol ini menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi yang lebih halus dibanding NES. Konsol ini cukup berhasil memberi tekanan, tetapi NES tetap bertahan dengan angka penjualan tinggi. Dua tahun berselang, pada 1990, Nintendo kembali menggebrak dengan konsol next-gen mereka, SNES (Super Nintendo Entertainment System). Selama 4 tahun, Nintendo dan Sega menjadi bebuyutan, meskipun ada beberapa produsen seperti SNK dengan NeoGeo-nya, NEC dengan TurboGrafx-16 dan Phillips CD-i, tapi kedua konsol mereka begitu handal dan populer.




Generasi Kelima
Generasi kelima atau disebut juga dengan era konsol 32 bit. dimana konsol game yang paling populer pada generasi ini adalah Sony Playstation.

Generasi Keenam
Generasi keenam ini ditandai dengan munculnya konsol-konsol game next generation dari masing-masing perusahaan seperti SONY, SEGA,Nintendo serta munculnya satu lagi konsol game baru yang diluncurkan oleh Microsoft yang diberi nama Xbox. Perang konsol game ini akhirnya mengakibatkan jatuhnya perusahaan konsol SEGA yang tidak dapat lagi meneruskan konsol next generation(Dreamcast) mereka dan lebih memilih untuk berkonsentrasi dibidang pembuatan game konsol. 




Generasi Ketujuh
Dikarenakan semakin canggihnya teknologi di bidang teknologi maka kemudian 3 perusahaan konsol terbesar(Sony, Nintendo, dan Microsoft) mengeluarkan kembali konsol next-generation mereka keluaran terbaru. Sony mengeluarkan konsol next-gen yang diberi nama PS3(Playstation 3), lalu Nintendo dengan Nintendo Wii kemudian Microsoft dengan Xbox 360. Pada generasi ini semakin dikembangkan sistem permainan online atau permainan yang melibatkan banyak pemain yang terhubung dengan konsol mereka dan semakin ditinggalkannya permainan single player.


PENGERTIAN GAME
Game berasal dari kata bahasa inggris yang memiliki arti dasar Permainan. Permainan dalam hal ini merujuk pada pengertian “kelincahan intelektual” (intellectual playability). Game juga bisa diartikan sebagai arena keputusan dari aksi pemainnya karena ada target-target yang ingin dicapai, kelincahan intelektual pada tingkat tertentu juga merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal. Pada era globalisasi saat ini, para pengelola industri game berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih nyata dan menarik untuk para pemainnya. Hal inilah yang membuat perkembangan games di komputer sangat cepat. Sehingga games bukan hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang atau sekedar hobi. Melainkan sebuah cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat intelektual para penggunanya bahkan sebagai sebuah lapangan pekerjaan.

Jadi, bermain game adalah suatu proses “fine tuning” (atau penyamaan frekuensi) dari logika berpikir anak-anak kita dengan logika berpikir aplikasi komputer yang canggih tadi. Pada saat bersamaan, game juga secara nyata mempertajam daya analisis para penggunanya untuk mengolah informasi dan mengambil keputusan cepat yang jitu. Berikut pengertian game menurut beberapa ahli:
1.      JOHN C BECK & MITCHELL WADE.
Game adalah penarik perhatian yang telah terbukti. Game adalah lingkungan pelatihan yang baik bagi dunia nyata dalam organisasi yang menuntut pemecahan masalah secara kolaborasi.
2.      IVAN C. SIBERO
Game merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan dan dinikmati para pengguna media elektronik saat ini.
3.      FAUZI .A
Game merupakan suatu bentuk hiburan yang seringkali dijadikan sebagai penyegar pikiran dari rasa penat yang disebabkan oleh aktivitas dan rutinitas kita.
4.      SAMUEL HENRY
Game merupakan bagian tak terpisahkan dari keseharian anak, sedangkan sebagian orang tua menuding game sebagai penyebab nilai anak turun, anak tak mampu bersosialisasi, dan tindakan kekerasan yang dilakukan anak.
5.      ANDIK SUSILO
Game adalah salah satu candu yang susah dihilangkan, bahkan ada yang mengatakan bahwa candu game online setara dengan narkoba.
6.      JOHN NAISBITT
Game merupakan sistem partisipatoris dinamis karena game memiliki tingkat penceritaan yang tidak dimiliki film.
7.      ALBERT EINSTEIN
Game adalah bentuk investigasi paling tinggi .
8.      WIJAYA ARIYANA & DENI ARIFIANTO
Game merupakan salah satu kebutuhan yang menjadi masalah besar bagi pengguna komputer, karena untuk dapat memainkan game dengan nyaman, semua komponen komputernya harus memiliki kualitas yang baik, terutama VGA card-nya.
9.      AGUSTINUS NILWAN
Dalam bukunya “Pemrograman Animasi dan Game Profesional”
Game diartikan sebagai suatu aktivitas terstruktur atau juga digunakan sebagai alat pembelajaran.


JENIS-JENIS GENRE GAMES
1.   RPG (Role Playing Game)
Pemain akan memerankan sebuah karakter dan bersifat experience point atau traveling. Jadi kita bisa menjelajah peta permainan dan meningkatkan level tokoh yang kita mainkan juga memperkuat tokoh dengan equipment yang kita dapatkan sewaktu bermain. Ending dari game ini juga berbeda-beda tergantung si pemain dalam menjelajah game. Genre game RPG terbagi menjadi dua kategori yaitu RPG Action dan Turn Based RPG. RPG Action adalah game bergenre RPG yang dalam bermain kita tidak perlu menunggu untuk menyerang dan bebas mengendalikan tokoh yang kamu mainkan dengan system battle yang realtime. Contoh game yang menggunakan RPG Action adalah Mass Effect, Reaper (game ringan). Turn Based RPG adalah game bergenre RPG yang system battle nya kita harus menunggu giliran terlebih dahulu dan cenderung ke strategi, game yang menggunakan genre ini adalah The Last Ramnant, Ninja Saga dan Atlantic Online.
 RPG Action | Mass Effect

 Turn Based RPG | The Last Remnant

2.   FPS (First Person Shooting)
Kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia FPS / First Person Shooter itu artinya orang pertama penembak. Maksudnya adalah kamu berperan sebagai orang pertama yang menembak. Sudut pandangnya adalah dari dirimu secara langsung dan kamu tidak menjalankan tokoh. Biasanya hanya akan terlihat tangan dan senjata yang  kita gunakan. Senjata yang biasanya digunakan dalam jenis game FPS adalah senjata jarak jauh. Dalam game ini kita akan diberikan suatu misi untuk diselesaikan. Contoh game yang menggunakan genre FPS adalah Counter Strike, Poin Blank, Crossfire, Call of Duty dll.

FPS | Counter Strike

3.   (TPS) Third Person Shooter
Jenis game selanjutnya bisa dibilang sebagai kebalikan dari FPS. Game bergenre TPS akan menampilkan tokoh (setengah badan ataupun seluruhnya)  yang kamu jalakan sebagai penembak. Contoh game bergenre TPS adalah Dead Space, Hallo, Lost Planet.


 TPS | Lost Planet 

4.   Strategy
Dari nama genre game nya saja kita sudah bisa membayangkan apa yang harus kita lakukan jika kita bermain game strategy. Yap! Tentu saja untuk menyusun strategy sebaik mungkin untuk memenangkan permainan dan juga mengalahkan musuh. Dalam game bergenre strategy, biasanya kita harus mengatur banyak unit khusus seperti tentara atau pasukan untuk bertahan, mengatur bangunan, mencari sumber daya dll. Game Strategy sama seperti RPG yang terbagi menjadi dua jenis yaitu Real Time Strategy dan Turn Based Strategy. Dalam RTS, kita tidak akan menunggu giliran untuk menyerang. Jadi langsung saja gitu cepet-cepetan berfikir untuk menyusun strategy karna musuhmu tidak akan menunggu untuk menyerang. Sedangkan dengan TBS kita bisa terlebih dulu ‘mikir’ untuk menyusun strategy terlebih dulu sebelum musuh menyerang.

pada game ini, kita dapat mengendalikan pasukan secara langsung, dari mencari sumber daya, hingga menghancurkan musuh. Semua pertempuran ini dapat kita saksikan secara langsung.

Real Time Strategy (RTS) | Warcraft 3
sistem nya seperti Turn Based RPG, tetapi disini selain mengendalikan character utama, kita mengendalikan pasukan dan kota kita untuk memenangkan pertarungan. biasanya kita memainkan game nya di atas peta.

Turn Based Strategy (TBS) | Civilization 

5.   Sport Game

Ini adalah game simulasi olah raga nyata seperti sepak bola, sky dll. Biasanya format permainan dibuat semirip mungkin seperti jumlah pemain, wasit dan arenanya. Contoh game sport yang sering dimainkan adalah PES.

Sports | PES 2014 

Genre Games yang lain :
1.      Simulation
Simulasi Adalah genre yang mementingkan realisme. Segala faktor pada game ini sangat diperhatikan agar semirip didunia nyata. Segala nilai, material, referensi, dan faktor lainnya adalah berdasarkan dunia nyata. Cara memainkannya juga berbeda, karena biasanya kontrol yang dimiliki cukup rumit. Genre simulasi meliputi game racing, flight, sampai militer
2.      Tycoon
Tycoon adalah game yg menjadikan kita sebagai seorang bussinesman
yang akan mengembangkan sesuatu Property untuk dikembangkan hingga laku di pasaran
3.      Racing
Racing Game adalah game sejenis racing yg memungkinkan kita untuk
mengendalikan sebuah kendaraan untuk memenangkan sebuah balapan.
4.      Action Adventure
Action Adventure adalah game berupa petualangan salah seorang
karakter yg penuh dengan penuh aksi yg akan terus ada hingga game
tersebut tamat. (Biasanya Action dimasukan kategori RPG)
5.      Arcade
Arcade game adalah genre game yang tidak terfokus pada cerita, melainkan hanya dimainkan "just for fun" atau untuk kejar-mengejar point / highscore
6.      Fighting Game
Fighting adalah genre game bertarung. Seperti dalam arcade, pemain dapat mengeluarkan jurus-jurus ampuh dalam pertarungannya. Genre fighting biasanya one on one dalam sebuah arena yang sempit.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGURUTAN (SORTING

Hallo fyee 😋 Kali ini aku mau bahas tentang materi Pengurutan (Sorting) nih. semoga bisa membantu yah buat kalian ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------ Apa sih itu Pengurutan (Sorting) ? 😧 Pengurutan (Sorting) adalah proses untuk menyusun kumpulan data seragam dengan aturan urut menaik ataupun menurun. Terdapat banyak jenis metode pengurutan yang dapat digunakan dan memiliki kelebihan masing masing. Pengurutan sangat penting dalam Teknologi Informasi yang tak lepas dari pengolahan data. Pemecahan permasalahan pengolahan data dapat menjadi lebih efektif dan efisien bila data sudah dalam keadaan terurut. Seperti dalam proses pencarian data (searching), algoritma pencarian tingkat lanjut yang lebih efektif daripada cara konvensional seperti Binary Search ataupun Interpolation Search membutuhkan data yang sudah terurut. Contoh lain di mana data terurut dibutuhkan adalah dalam penggabungan data menggu

metode pengurutan data

1.       Selection Sort Algoritma sorting sederhana yang lain adalahSelection Sort. Ide dasarnya adalah melakukan beberapa kali pass untuk melakukan penyeleksianelemen struktur data. Untuk sorting ascending(menaik), elemen yang paling kecil di antara elemen – elemenyang belum urut, disimpan indeksnya, kemudian dilakukan pertukaran nilai elemen denganindeks yang disimpan tersebut dengan elemen yangpaling depan yang belum urut. Sebaliknya, untuksorting descending (menurun), elemen yang  paling. besar yang disimpan indeksnya kemudian ditukar. Algoritma selection sort dapat dirangkum sebagaiberikut: 1.)     Temukan nilai yang paling minimum (atau sesuaikeinginan) di dalam struktur data. Jika ascending, maka yang harus ditemukan adalah nilai yang paling minimum. Jika descending, maka temukan nilai yang paling maksimum. 2.)     Tukar nilai tersebut dengan nilai pada posisi pertama di bagian struktur data yang  belum diurutkan. 3.)     Ulangi langkah di atas untuk bagian struktur

TEXTURING DAN RENDERING

A. TEXTURING Dalam dunia visual, texturing adalah proses pemberian karakteristik permukaan pada objek. Maksud dari karakteristik adalah termasuk pewarnaan, kilauan, dan lainnya. Pada umumnya teksturing adalah pemberian warna pada permukaan objek atau pengecatan, walaupun ada proses yang mengubah geometri objek. Dalam software seperti 3DSMax dan Blender, untuk menambahkan tekstur pada objek, kita bisa menggunakan tools Map. Teknik teksturing adalah termasuk langkah terakhir dalam pendesaian 3D. Hal ini dikarenakan setelah langkah teksturing ini langkah selanjutnya hanyalah tinggal melakukan rendering jika ingin dijadi objek 2D. Untuk desain tekstur itu sendiri terdiri dari berbagai macam tipe. Secara default biasanya hanya disediakan tekstur sederhana seperti Wood, metal. Sedangkan untuk tekstur tingkat tinggi seperti tekur manusia kita bisa mendesainnya sendiri atau mendownload di website-website. Teksturing sangat penting dalam desain 3D atau animasi, karena denga